Empat Terdakwa Divonis Bebas. Salahuddin : JPU Wajib Kasasi

0
629

MAMUJU, – Jurnalsulbar.com || Sidang pembacaan putusan terhadap empat mantan unsur pimpinan DPRD Provinsi Sulbar, yang di vonis bebas oleh majelis hakim Tipikor Mamuju Senin kemarin (10/9). Menuai banyak komentar, terutama dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pembacaan amar putusan oleh ketua majelis hakim yang menvonis bebas keempat terdakwa, yakni. Andi Mappangara, Hamzah Hapati Hasan, Munandar Wijaya dan Harun. Dinilai tidak berbading lurus dengan apa yang menjadi tuntutan Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) yang menuntut keempat terduga 7 tahun penjara, atas dugaan Korupsi APBD tahun 2016.

Dikonfirmasi kepada Penerangan Hukum ( Penkum ) Kejati Sulselabar, Salahuddin SH MH mengatakan, putusan majelis hakim sangat mutlak dan menurutnya tidak bisa dikomentari. Namun soal sikap Jaksa kata Salahuddin, terkait perkara bebas, baik bebas murni maupun tidak murni. Maka kata mantan Kasipidsus Kejari Mamuju itu, adalah wajib melakukan kasasi. Apalagi kata dia, majelis hakim memberikan waktu Tujuh hari untuk menyiapkan kasasi.

” Wajib hukumnya JPU kasasi dan mengenai kewenangan Hakim memutus mutlak dan tidak bisa dikomentari. Namun soal sikap Jaksa penuntut umum terhadap perkara bebas baik bebas murni maupun tdk murni maka sikap JPU adalah wajib Kasasi. Dan kami memiliki waktu 7 hari untuk hal tersebut,” tegas Salahuddin.

Seperti diketahui, Senin kemarin tanggal 10 September 2018. Pada sidang akhir pembacaan amar putusan terhadap terduga Korupsi APBD 2016 empat mantan unsur pimpinan DPRD Sulbar ini di vonis bebas oleh Majelis Hakim Tipikor Mamuju.(Aji/JS)