Deklarasi Pemilu Damai KPUD Sulbar Lepas Ratusan Ekor Merpati

0
271

MAMUJU, – Jurnalsulbar.com || Deklarasi pemilu damai KPUD Provinsi Sulawesi Barat ditandai dengan melepaskan ratusan ekor burung merpati, di Anjungan Pantai Manakarra, (23/9/2018), Mamuju, pagi tadi.

Pelepasan ratusan ekor merpati dan balon tersebut sebagai simbol berlangsungnya pileg dan pilpres damai, dan bebas hoax.

Selain melepaskan burung merpati dalam deklarasi damai tersebut juga digelar pembacaan pernyataan pemilu damai yang dibacakan oleh peraih medali perak pada asen games olah raga dayung, asal Mamuju, Ramlah Baharuddin, yang kemudian diikuti oleh anggota partai politik peserta pemilu, tim sukses capres nomor urut 1 Joko Widodo-Maaruf Amin dan tim sukses capres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Acara yang dirangkaikan dengan deklarasi tersebut juga dilangsungkan penandatanganan prasasti pemilu damai yang juga diikuti semua partai peserta pemilu dan tim sukses kedua calon presiden.

Ket Foto : Penanda Tanganan Prasasti Deklarasi Kampanye Damai KPU Sulbar.

Dalam deklarasi pemilu damai tersebut Gubernus Sulbar, Ali Baal Masdar menghimbau agar semua ASN yang ada di jajarannya supaya netral dan tidak berpihak pada salah satu calon.

“ASN tidak boleh berpolitik karena itu ASN wajib menjaga netralitas. Jika ada ASN yang terlibat mendukung salah satu calon yang berkompetisi akan di beri ganjaran sesuai undang-undang yang berlaku,” tegas ABM.

Ketua KPUD Provinsi Sulbar, Rustang, dalam sambutannya mengatakan, deklarasi pemilu damai yang di gelar secara serentak merupakan salah satu tahapan dalam pileg dan pilpres kali ini.

“Saya sebagai ketua KPUD Sulbar mengajak semua masyarakat untuk menghasilkan pemilu yang bermartabat agar menghindari pemberitaan hoax yang banyak beredar di medsos. Masyarakat juga di minta untuk tidak mememakai issu sara, money politik,” jelas Rustang.

Selain itu Rustang menambahkan, untuk tahapan mulai tanggal 23 Septemper 2018 hingga tanggal 23 Maret 2019 peserta pemilu hanya diperbolehkan kampanye terbatas, tatap muka, kampanye terbuka. Untuk kampanye melalui media baru bisa dilaksanakn tanggal 24 Maret 2019 selama 3 hari.

Deklarasi pemilu damai yang di gelar di Anjungan Pantai Manakarra juga dihadiri Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar, Danrem 142 Tatag, Kolonel Infantri Taufiq Shobri, Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo. (Gusni/JS)

LEAVE A REPLY