Peduli Korban Gempa, Tim Medis PT Astra Pusatkan Posko Nurani di Jln Garuda

0
201

PALU, – Jurnalsulbar.com || PT Astra International Tbk melalui program Nurani Astra yang saat ini dipusatkan di Posko Garuda Nurani Astra Kota Palu memberikan bantuan pengobatan kepada masyarakat yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Kab Sigi dan Kab Donggala, Sulawesi Tengah.

Ket Foto : Tampak Tim Medis PT Astra Melakukan Pelayanan Pengobatan Terhadap Warga Korban Gempa.

Seperti yang dilakukan pada hari jumat, 12 oktober 2018 di Silae, Kota Palu. Pada kegiatan kemanusiaan ini Posko Nurani Astra mengirimkan tim medisnya yang dipimpin oleh dr Fatimatuzzarah, seorang dokter muda relawan dari PT Mamuang.

“Kami bertugas dengan niat mulia untuk memberikan bantuan pengobatan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala. Semoga bantuan medis ini dapat meringankan beban para korban bencana,” ujar dr Fatimatuzzarah, pada hari ini.

Ket Foto : Tampak Warga Korban Gempa Mendapat Pelayanan Diposko Nurani Astra Jln. Garuda Palu.

Info pertama soal belum adanya bantuan medis di daerah pengungsian didapat dari keluarga warga Silae yang berobat ke Posko Garuda Nurani Astra pada hari Kamis, tanggal 11 Oktober 2018 sore hari. Menurut warga tersebut posko pengungsian di sekitar rumah mereka di daerah Silae belum terjamah bantuan medis sama sekali.

Keesokan harinya pada hari Jumat tanggal 12 Oktober 2018 tim medis Posko Garuda Nurani Astra mendatangi pengungsian di Silae dan mendapatkan 29 KK dengan jumlah warga sekitar 95 orang.

Jumlah pasien yang didapat oleh Tim Medis Posko Garuda Nurani Astra di daerah tersebut berjumlah 15 orang yang terdiri dari 4 orang pria, 6 orang wanita (wanita hamil 2) dan anak-anak berjumlah 5 orang. Penyakit yang ditemukan berupa ulkus e/r pedis, gatal-gatal, batuk, pilek, pusing berputar dan demam.

Khusus untuk pasien yang menderita ulkus saat tim datang ditemukan berbau busuk, kaki pasien bengkak karena terlalu lama digantung. Tim melakukan rawat luka, pembersihan (sterilisasi) dan dibuang nanahnya lalu ditabur antibiotik. Tim pun melakukan edukasi kesehatan kepada seluruh masyarakat di daerah tersebut.

Menurut Ridwan sebagai ketua RT “ini adalah kunjungan dan bantuan medis pertama yg sampai di Silae ini, sehingga saya sebagai Ketua RT di Silae ini mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Posko Garuda Nurani Astra dan seluruh keluarga besar PT Astra International Tbk.

Sumber Humas : PT Astra

LEAVE A REPLY