Lapas Polman Ricuh, Ratusan Napi Mengamuk Dan Merusak Sejumlah Fasilitas

0
162

POLMAN, – Jurnalsulbar.com || Diduga tak senang dengan kebijakan Kepala Lapas, ratusan warga binaaan Lapas Kelas IIB Polewali Mandar, Sulawesi Barat mengamuk. Akibatnya, sejumlah fasiltas lapas rusak parah. Untuk mengamankan situasi puluhan aparat kepoloisian langsung diterjungkan ke lokasi.

Beginilah kondisi di lembaga pemaysarakatan kelas IIB Polewali pagi tadi usai diamuk oleh ratusan narapidana, dalam video amatir terlihat ratusan napi tengah bersiap untuk terus memalukan aksi protes mereka terhadap kebijakan kalapas.

Diperkirakan sekitar pukul 07 .00 wita pagi tadi, ratusan napi di lapas ini mengamuk dan merusak sejumlah fasiltas yang ada dalam lapas. Tak hanya itu,  beberpa ruang kerja sipir lapas terlihat terkena lemparan batu hingga membuat sejumlah kaca ruangan pecah, bahkan para napi ini berusaha merusak pagar besi lapas.

Beruntung puluhan perosnil kepolisian dari Polres Polman lansung diterjunkan kelokasi untuk menenangkan narapidana yang tengah tersulut emosi ini, untuk masuk kedalam lapas, pihak kepolisian terlebih dahulu melakukan pendekatan persuasif agar para napi yang mengamuk ini bisa diajak berdialog dan mau menengkan diri.

Sayangnya sejumlah wartawan yang akan meliput kericuhan tersebut tidak diperbolehkan masuk kedalam lapas dengan alasan keamanan.

Menurut Kapolres Polewali Mandar AKBP Rifai “Aksi protes yang berkahir ricuh ini dipicuh ketidak puasan para narapidana, diamana selama ini narapaidana tidak senang dengan aturan yang berlakukan oleh kepala lembaga pesmyarakatan. Tegas Kapolres Polman yang juga turun langsung melakukan pengamanan.

Protes yang dilakukan narapidana ini sendiri merupokan aksi yang ketiga kalinya, namun  baru kali  ini aksi protes warga binaan di lapas kelas II B polman ini diwarnai kericuhan yang berbuntut pada pengrusakan sejumlah fasilitas lapas.

Selain ketidak puasan para napi terhadap aturan yang dikeluarkan oleh kalapas, keributan dilapas ini juga diduga dipicuh karena over kapasitas dengan napi yang melampaui kapasitas lapas. (Zair/JS)