BPOM Mamuju Ajak Masyarakat Wujudkan Keamanan Pangan

0
84

MAMUJU, – Jurnalsulbar.com || Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mamuju menggelar kegiatan memperingati Hari Keamanan Pangan Dunia (World Food Safety Day) di kawasan car free day (CFD) di Anjungan Pantai Manakarra, Jalan Yos Sudarso, Mamuju, Minggu (30/6/2019).

Kepala Balai BPOM Mamuju, Netty Mulyasari menyebutkan, ada dua hal yang ingin disampaikan pada kegiatan ini, terkait peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia yang ditetapkan PBB tanggal 7 Juni.

“Pesan dalam kegiatan ini yang ingin disampaikan adalah bahwa keamanan pangan menjadi tanggung jawab kita bersama, urusan kita bersama, dan dan untuk kita bersama. Tidak ada satu institusi pun dari pemerintah yang bisa menangani secara keseluruhan masalah keamanan pangan,” kata Netty, Minggu (30/6/2019).

Sehingga, lanjut dia, diperlukan peran serta stakeholder yang berkaitan pemerintah daerah kabupaten/kota provinsi, dan juga masyarakat sama-sama untuk mematuhi ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan keamanan pangan.

Menurut Netty, pada intinya dalam kegiatan ini mengajak seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan juga para pelaku usaha untuk bersama-sama mewujudkan keamanan pangan agar mampu memberikan pangan yang aman di masyarakat dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Tentu harapannya adalah kesehatan makin menjadi konsen dalam memilih pangan,” katanya.

Netty mengajak kepada semua masyarakat untuk bersama-sama mengawal Keamanan Pangan di Sulawesi Barat, baik melalui pembinaan dan pengawasan serta selalu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman agar menjadi konsumen cerdas dalam memilih pangan aman untuk dikonsumsi.

“Untuk itulah hari ini juga kita lakukan edukasi berisi pesan-pesan keamanan pangan, di samping membuka stan untuk pelayanan komunikasi informasi edukasi dan juga bagi pelaku usaha ada kesempatan mempelajari bagaimana mengurus izin untuk pangan agar bisa diedarkan sesuai ketentuan,” katanya. (U/JS)