95 Perangkat Desa Sekabupaten Mamuju Tengah, Ikuti Pembukaan Bimtek Di Lombok, NTB.

0
96

LOMBOK, – Jurnalsulbar.com || Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembangunan desa dan  pengaturan Permendagri no 20 Tahun 2018 Tentang pengelolaan Keuangan Desa yang di selenggarakan di room meeting Hotel Favehotel Langko Mataram,  Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, senin 4/November 2019.

Kegiatan pembukaan tersebut di ikuti 95 peserta 54 desa dari 5 kecamatan, sekabupaten mamuju tengah.

Dalam acara tersebut dihadiri Camat  Pringgaranta Lalu Surya Darma, SH sebagai perwakilan Bupati Lombok Tengah, dan kepala Desa Bilibante, Liwauddin, direktur Mitra Manejemen Daerah, yanuar Mahardika, serta Arief Sunardi Dan Auditor  Bpkp (kalten) sebagai narasumber.

Kegiatan bimtek ini juga di hadiri Kadis PMD Mamuju Tengah  H, Dzulkifly S.ip, sekretaris Dinas PMD, Mamuju Tengah, Camat Budong-budong sujarno S. Pd,  Camat Budong-budong Hj, Najir,S.pd.N.pd, Camat pangale Abdul Muin,S.pd, Dan Camat  Topoyo yang di wakili Kasubag perencanaan Masri. R, S. Pd.

Camat pringgarata Lalu Surya Darma SH, dalam sambutannya mengatakan, “saya selaku Camat pringgarata kabupaten lombok tengah mengucapkan Selamat datang di pulau lombok dalam rangka BIMTEK Tentang pengelolaan Keuangan Desa,  kepada seluruh peserta Bimtek Dari Mamuju Tengah Sulbar apabila penjemputan kami tidak sesuai  yang di inginkan kami mohon maaf, kami juga sangat berterima kasih kepada pemerintah Mamuju Tengah atas kepercaanya untuk memili daerah kami, mudah-mudahan Bisa betah. Ungkapnya.

Berdasarkan pengaturan permendagri no 20 tahun 2018 Tentang pengelolaan Keuangan Desa, menjadi salah satu upaya aparat desa untuk meningkatkan SDM dalam pengelolaan dana desa yang sangat besar dan sulit untuk membelanjakan, dimana  regulasi terkait perencanaan, pengawasan dinilai sangat ketat.

“Supaya pengelolaan Keuangan Desa tepat dan tidak salah sasaran maka perlu di adakan Bimtek, ini lah sala satu terobosan pemerintah yang ada di pulau lombok , dan Daerah ini ada desa wisata sala satunya desa bili Bantu, yang mampu mengelola dana desanya sehingga meningkatkan perokonomian melalui wisata mancing, kuliner, dan beberapa potensi wilayah kami kelolah secara baik, karena yang kami kelolah adalah sumber daya Manusianya baru sumber daya  alamnya, Tegas Lalu Surya Darma SH.

Sementara Kepala PMD Dzulkiply mengatakan, “kami juga mewakili Bupati Mamuju Tengah memohon maaf, karena beliau kurang sehat sehingga kehadirannya tertunda kepulau lombok, diacara pembukaan ini.

“Tujuan aparat desa ke seni untuk melaksanakan Bimbingan Teknis pembangunan pokok – pokok pengaturan pada permendagri no 20 Tahun 2018 Tentang pengelolaan Keuangan Desa,jadi saya, namakan kegiatan ini adalah studi tiru, untuk di tarapkan di desa se mamuju tengah.

Lebih lanjut Dzulkiply mengatakan,  pengelolaan dana desa jangan hanya bisa dibelanjakan saja namun cari jalan untuk bisa menambah  pendapatan, melalui badan milik desa (Buddes) atau mengelola wisata, atukah galian C,
supaya potensi yang ada di desa dikelolah dengan baik. Terangnya. (SUL/JS)