Resmi Terbentuk di Sulbar, Perhimpunan Rakyat Progresif Dorong Generasi Muda Melek Politik

Mamuju, Jurnalsulbar.com — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Perhimpunan Rakyat Progresif secara resmi terbentuk di Sulawesi Barat. Sulbar menjadi Kepengurusan DPW Rakyat Progresif ke 33 di Indonesia yang terbentuk.

Pelantikan dan pengesahan pengurus dihelat di Hotel D’maleo Mamuju, Sabtu (30/12/2023) yang dihadiri langsung Sekretaris Jenderal DPP Rakyat Progresif, M Huda Prayoga. Dengan susunan pengurus, ketua DPW Faisal Jumalang dan Sekretaris DPW Aco Riswan.

Sebagai Organisasi Nasional, Kehadiran Rakyat Progresif di Sulbar bertujuan untuk membumikan gagasan-gagasan luhur para pendiri bangsa di tatanan masyarakat hingga lapisan bawah (grassroot). Dengan hampir 95 persen keanggotaan diisi oleh generasi muda (gen Z dan Milenial), Rakyat Progresif diharap dapat menjadi jembatan pemahaman bagi generasi muda untuk tidak alergi dengan politik.

Faisal Jumalang selaku Ketua DPW Rakyat Progresif Sulbar dalam sambutannya mengungkapkan generasi muda perlu didorong untuk terus melakukan hal-hal dan kegiatan yang positif, salah satunya dengan berorganisasi.

“Banyak dari kita ini, utamanya yang masih muda yang menjadi apatis atau bahkan alergi dengan politik, padahal kita hidup di negara demokrasi yang sendi-sendinya dari aktifitas dan kebijakan politik. Sehingga perlu kita dorong generasi muda untuk lebih paham dengan politik,”

Sementara itu, Sekjen M. Huda Prayoga menekankan bahwa kebesaran Perhimpunan Rakyat Progresif ditentukan oleh kader itu sendiri.

“Anak muda harus berperan di politik. Tujuan kita membumikan akal progresif, cita cita para pendiri bangsa. Selama ini anak muda yang dihitung hanya jumlahnya, tapi tidak diperhitungkan dalam gagasan-gagasannya, utamanya dalam politik. Olehnya Kita mendorong Anak-anak muda menjadi aktor politik, subjek politik dan memegang kekuasaan poltik,’ jelas Huda

Huda berharap keseriusan dari kader di Sulbar untuk berperan dalam merealisasikan target Rakyat Progresif, yaitu mensejahterakan rakyat.

“Makanya jangan ragu terjun ke politik. Untuk mensejahterakan rakyat, harus melalui kekuasaan, bukan hanya sebagai objek politik,” imbuhnya.

Huda juga menitipkan pesan kepada kepengurusan DPW Sulbar untuk bergerak cepat dan berakselerasi dalam pembentukan pengurus DPC disetiap kabupaten, maupun pengurus tingkat ranting di setiap kecamatan dan desa yang ada di Sulawesi Barat. (**)

Pos terkait